Begini Cara Agar Komputer Mati di Waktu Tertentu

MUDAH TEKNO - Terkadang kita ingin menghidupkan laptop atau komputer pada waktu tertentu dan ingin komputer itu mati dengan sendirinya pada waktu yang sebelumnya Anda atur sendiri. Mungkin karena Anda malas bergerak dari tempat Anda hanya untuk melakukan shutdown. Seperti Saya di malam hari memutar musik hingga tertidur akibatnya laptop hidup terus karena kita lupa mematikannya akibat dari tertidur tadi.
mudahtekno.blogspot.co.id
Namun dengan cara atau tips dan trik gampang ini, kita tidak perlu lagi khawatir dengan itu. Mengapa ? karena hanya melakukan hal sederhana ini, kita akan bisa mengatur Windows agar mati atau shutdown pada waktu atau jangka waktu tertentu yang telah kita atur sebelumnya.

Di cara ini juga Saya melengkapi dengan cara membatalkan perintah ini jika sewaktu-waktu Anda ingin membatalkan aturan waktu yang telah diatur tadi dengan sangat mudah dan gampang. Semua mudah dan hanya menggunakan fitur command promp  (CMD) pada sistem operasi Windows Anda. Berikut langkah langkah untuk mengatur waktunya :

  1. Step pertama adalah klik atau tekan tombol start menu pada taksbar, kemudian ketikkan "cmd" tanpa tanda kutip. Kemudian klik atau buka.
  2. Jika jendela command promp sudah muncul, maka ketikkan perintahnya  "shutdown /s /t 120" (tanpa tanda petik). Maksud perintah itu adalah mematikan komputer dalam jangka waktu 120 detik atau dalam waktu 2 menit komputer akan otomatis mati sendiri. Angka 120 merupakan hitungan detik. Anda bisa atur sesuai kebutuhan.
  3. Kemudian jika sudah, tekan enter. Maka akan muncul jendela pemberitahuan bahwa komputer akan dimatikan dalam waktu 2 menit lagi.
Setelah semua siap, Anda bisa mengeluarkan jendela cmd dan jendela lain yang tadi. Anda bisa melakukan kegiatan lain, seperti membiarkan komputer menyala sendiri dengan memutar musik tanpa harus lupa mematikannya.

Cara Membatalkan Perintah Shutdown tadi : 
  1. Buka start menu dan ketik cmd, kemudian klik atau buka.
  2. Kemudian ketikkan perintah "shutdown -a"
  3. Maka akan muncul pemberitahuan bahwa perintah shutdown tadi telah dibatalkan

mudahtekno.blogspot.co.id

Demikianlah artikel cara mematikan atau shutdownkan komputer pada waktu tertentu atau jangka waktu yang sudah diatur dengan menggunakan cmd di windows.  Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel