Cara Cegah Agar Laptop Tidak Panas Berlebihan

MUDAH TEKNO - Pada kesempatan ini, kami akan membagikan tips bagaimana cara mencegah agar laptop atau komputer tidak menimbulkan panas yang berlebihan. Mungkin kita pernah menggunakan Laptop, Notebook, ataupun Komputer terlalu lama, juga suhu diruangan mungkin sangat panas, serta tempat kita meletakkan laptop tersebut tidak dapat mensirkulasikan udara.

Akibatnya kipas laptop yang ada percuma berputar karena suhu panas dari prosesor di dalam perangkat masih terus berputar-putar di dalam. Jika itu terus berlanjut, bisa mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen bagian dalam laptop, bahkan bisa terbakar.

Laptop terbakar. Sumber: Google.com
Atau penyebab lainnya, laptop bisa panas disaat kita menggunakannya disaat bermain game yang berat, sehingga tentu saja semua perangkat di dalam laptop akan bekerja lebih berat dan maksimal. Dan panas yang timbul tentu saja mengganggu. Jangankan mengganggu, panas yang ditimbulkan bisa mempercepat umur komponen yang ada di dalamnya.

Hal itu tidak boleh dibiarkan jika Anda masih menyayangi Laptop atau Notebook Anda. Karena jika dilakukan secara terus menerus, akibatnya bisa fatal dan akan merugikan Anda sendiri nantinya.

Disini Mudah Tekno akan memberikan tips tips dalam mencegah serta cara mengatasi Laptop panas dengan cepat.

4 Tips mencegah laptop cepat panas :


1. Letakkan laptop di permukaan yang tidak menyerap panas
Disaat laptop digunakan, letakkan di atas permukaan yang tidak menyerap panas, seperti bantal, kasur, kain, dan benda-benda lain yang berpotensi menyerap panas. Karena itu bisa mengakibatkan sirkulasi udara tidak dapat masuk ke dalam rongga kipas laptop. Jadi letakkan laptop atau notebook Anda di atas permukaan yang rata, datar, tidak berdebu, serta padat. Dan tidak berpotensi mendatangkan suhu panas.
Meja Datar. Sumber: Google.com
2. Gunakan pendingin atau Cooling Pad
Gunakan selalu cooling pad atau pendingin laptop. Kipas itu hanya membutuhkan listrik dc melalui usb. Kipas itu akan membantu heatsink fan atau kipas yang ada di dalam laptop dalam memberikan sirkulasi udara yang cepat dan dingin untuk menjaga suhu komponen tetap dingin dan stabil.

Cooling Pad. Sumber: Google.com
3. Bersihkan kipas secara berkala.
 Jika Anda memiliki sedikit keahlian dalam hardware, bersihkan kipas laptop atau notebook Anda secara berkala. Misal satu kali satu bulan. Karena debu yang masuk dari rongga kipas akan menumpuk di sela-sela kipas. Kipas bisa jadi kotor dan tersumbat. Sehingga menyebabkan udara terhambat untuk masuk dan keluar. Jadi bersihkan kipas pendingin secara rutin agar tidak kotor dan berdebu.

Kipas laptop kotor dan berdebu. Sumber: Google.com
4. Ganti pasta prosesor secara rutin
Ini juga bisa Anda lakukan jika Anda memiliki sedikit keahlian. Atau Anda bisa meminta bantuan teman yang ahli dalam hal ini. Pasta prosesor berfungsi untuk mengalirkan panas dari prosesor ke batang aluminium. Ini bertujuan agar panas yang timbul dari prosesor tidak berkumpul dalam satu titik, karena bisa menyebabkan overheating. Pasta prosesor yang kering tentu tidak bisa menyalurkan panas dari prosesor ke aluminium, jadi pasta perlu diganti secara rutin. Karena panas paling tinggi adalah ditimbulkan dari prosesor. Jika panas ini tidak dialirkan, bisa mengakibatkan umur prosesor pendek bahkan rusak.


Pasta Prosesor. Sumber: Google.com
Diatas merupakan cara mencegah agar perangkat tidak menimbulkan panas yang luar biasa dan berlebih. Kemudian selanjutnya, bagaimana jika laptop terlanjur panas ? maka untuk cara cepat dalam mendinginkannya adalah sebagai berikut :
1. Letakkan laptop segera di tempat atau ruangan yang suhunya lebih dingin. 
Gunakan kipas angin dan arahkan ke laptop, atau jika ada ac, maka letakkan laptop di bawah ac. Itu akan sangat cepat dalam mendinginkan suhu leptop.
2. Jika tidak memiliki Ac atau kipas angin
 maka ambil cooling pad, dan letakkan dibawah laptop segera untuk membantu kipas pendingin yang didalam untuk memasukkan udara yang suhunya lebih dingin.
3. Jika tidak memiliki ac/kipas angin, atau cooling pad
segera matikan laptop dan kemudian balikkan di atas permukaan yang rata. Tunggulah beberapa menit hingga suhu kembali stabil. Anda bisa membantu mendinginkannya dengan mengipaskan buku atau kertas, atau apapun yang bisa digunakan untuk mendinginkan laptop hingga dingin kembali.

Lakukanlah cara diatas agar komputer, laptop, atau notebook Anda tetap awet dan tahan lama. Sehingga dapat memperpanjang umur perangkat. Masih banyak sebenarnya cara yang dapat kita lakukan. Termasuk tidak menggunakan laptop atau notebook di dalam ruangan yang bersuhu tinggi. Semua tergantung pengguna, mana yang lebih cocok dan lebih tepat.

1 komentar:

  1. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    BalasHapus