Penyebab Laptop Mudah Terkena Virus

MUDAH TEKNO - Salah satu hal yang paling menjengkelkan dalam dunia komputer adalah virus. Virus yang telah menyerang komputer atau laptop kita sungguh sangat menjengkelkan. Berbagai ragam cara virus tersebut mengganggu pengguna laptop atau notebooknya yang terinfeksi. Bagaimana tidak, virus-virus yang menginfeksi memiliki kemampuan yang sangat berpengaruh dalam melambatkan kinerja laptop kita. Menyebabkan hilangnya file, komputer atau laptop jadi sangat lambat, bahkan bisa menyebabkan blue screen.

Sumber : google.com


Belum lagi virus yang dapat merusak file-file, menyembunyikannya, menyebarkan anaknya di seluruh sistem penting dalam sebuah sistem operasi. Virus-virus berjalan tanpa kita ketahui. Mereka mengambil jatah dari RAM komputer untuk menjalankan operasi atau pun tujuan virus itu sendiri. Kebanyakan operation sistem yang mudah terserang virus adalah OS Windows.

Banyak yang bertanya-tanya, dari mana sih virus itu datang ? dan apa saja sih penyebab komputer kita terjangkit virus ?. Disini Saya akan jelaskan berdasarkan pengalaman di lapangan.

Penyebab laptop atau komputer mudah terserang virus :

 

1. Sering mendownload file yang tidak terpercaya.
Mengapa penyebab ini Saya letakkan di awal ? . Karena memang inilah penyebab yang menurut Saya paling utama. Anda pasti sering mendownload sebuah software/aplikasi, game, musik, video, dan file lainnya dari internet yang situs penyedianya tidak terpercaya. Kemudian disana Anda akan disuguhi berbagai tombol download yang bermacam-macam. Kemudian Anda bingung tombol mana yang sebenarnya untuk mendownload. Disinilah Anda dituntut untuk cermat dalam melihat dan memilihnya. Jika Anda salah klik, bisa-bisa file yang Anda download bukan file yang sebenarnya Anda cari. Kemudian file tadi Anda instal dan Anda tidak tahu bahwa file itu bisa saja telah disusupi kode virus yang menyerang sistem Anda. Jadi, kurangi kebiasaan buruk mendownload di tempat yang tidak terpercaya.

2. Antivirus yang tidak baik dan tidak update.
Tidak diragukan lagi, penyebab laptop mudah terkena virus bisa karena antivirus yang Anda gunakan tidak baik dan tidak update. Pilihlah antivirus yang baik dan selalu mengeluarkan versi terbaru. Antivirus yang baik biasanya berbayar, tapi ada juga yang freeware alias gratis. Mengapa harus antivirus yang update ?. Karena antivirus yang update akan selalu memperbaharui kode-kode mereka sebagai vaksin untuk virus-virus terbaru, karena virus juga akan selalu berkembang dan semakin kuat, sehingga antivirus yang baik perlu mengimbangi kekuatas virus virus tersebut. Saya bisa rekomendasikan Anda menggunakan antivirus lokal yaitu Smadav, karena berdasarkan pengalaman dalam menggunakannya, Smadav selalu merilis versi terbaru mereka dan juga tersedia dengan versi yang gratis.
 
3. Tidak mencek setiap flashdisk atau perangkat penyimpan data yang di hubungkan ke laptop atau komputer.
Ini juga merupakan salah satu kebiasaan buruk oleh pengguna. Disebabkan karena tidak tau, malas, atau karena buru-buru, seorang pengguna tidak mencek flashdisk yang masuk ke laptopnya. Tentu saja jika ada virus di dalam disk tersebut, dengan cepat akan menyebar ke sistem Anda. Karena ada jenis virus yang autorun yang dapat berjalan otomatis tanpa diperintah. Jadi, untuk menghidari masuknya virus melalui usb flashdisk, memory card, atau pun hardisk, Anda seharusnya menscannya terlebih dahulu dengan antivirus. Agar flashdisk yang di dalamnya terdapat virus bisa menjadi bersih dan aman untuk masuk ke laptop atau komputer Anda.

4. Membuka file yang mencurigakan.
Hindari membuka atau mengklik file yang tidak Anda yakini atau Anda curigai. Bisa saja itu adalah anak dari virus yang jika membuka atau mengkliknya, sistem kita dapat diserang dengan cepat. Kecuali jika Anda memang mengenal file tersebut.

5. Membuka situs yang tidak terpercaya.
Di internet terdapat jutaan situs atau website yang berjalan. Anda harus hati hati dalam masuk ke website tertentu. Di dalam situs bisa saja ada virus yang siap disebarkan dan memasuki sistem Anda saat berinternetan. Untuk mencegahnya, Anda bisa gunakan Antivirus yang memiliki proteksi terhadap jaringan internet, seperti AVG.

Di atas merupakan penyebab-penyebab umum yang bisa menyebabkan komputer/laptop/notebook terserang virus. Ada banyak lagi penyebab lainnya yang mungkin kita tidak ketahui. Untuk mencegahnya maka hindarilah hal-hal di atas.

8 komentar: