Cara Gampang Mengunci dan Memberi Password File dengan Winrar

MUDAH TEKNO - Terkadang kita memiliki file-file (folder) penting yang ingin Anda simpan dengan aman tanpa bisa dibuka oleh sembarang orang terkecuali Anda sendiri. Bisa itu file yang bersifat pribadi yang sangat rahasia atau berkas-berkas penting lainnya. Atau Anda ingin menyimpan semua software Anda agar aman dari serangan virus, atau lagi Anda ingin mengkompress atau memperkecil ukuran sebuah file. Maka software atau aplikasi Winrar adalah solusi yang sangat tepat.

Mengunci File dengan Winrar. Sumber Gambar : Google.com

Berdasarkan  Wikipedia, pengertian WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware. 

WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan berkas hingga 40% dari ukuran semula, misalnya berkas A berukuran 100 MB lalu dikompresi menggunakan WinRar ukurannya dapat menjadi hanya 40 MB.

Dengan aplikasi kecil dan sederhana ini, file Anda akan bisa dikunci dengan password menggunakan fitur yang ada agar lebih aman, serta dapat memperkecil ukuran filenya.

BERIKUT CARANYA :


1. Pertama sekali, komputer atau laptop Anda sebelumnya telah memiliki software WinRar ini. Bagi yang belum memilikinya silahkan download secara gratis alias free disini http://www.rarlab.com/download.htm. Bagi yang sudah, kita langsung ke tahap selanjutnya.

2. Anda siapkan file-file yang akan diproteksi dengan password dalam satu folder. Silahkan berikan nama folder sesuai dengan selera, contohnya "KENANGAN TERINDAH".



3. Klik kanan folder tadi pilih atau klik Add to archive...


4. Kemudian akan muncul menu penguncian. Klik Set Password...


5. Kemudian, masukkan password yang akan kita beri. Anda bisa ceklis Encrypt file names agar nama-nama file disembunyikan ketika ingin membuka file nanti. Kemudian klik OK.

6. Jika sudah, selamat file Anda sudah terkunci.

Jika Anda ingin membukanya, Anda hanya perlu membuka file tersebut dan silahkan masukkan password yang tadi telah dibuat.


Dengan terkuncinya file Anda, File tidak akan bisa lagi dibuka selain dengan kunci yang telah Anda buat tadi, juga akan aman dari serangan virus yang bisa menginfeksi file menjadi rusak. Dan semoga artikel ini dapat membantu dan menambah wawasan Anda.

0 komentar

Posting Komentar