Ini Cara Mematikan Komputer dari Klik Kanan di Desktop dan Ada Pesannya

MUDAH TEKNO - Ada banyak cara bagaimana cara mematikan atau shutdown komputer dan notebook yang menggunakan sistem operasi keluaran Microsoft ini yaitu Windows. Seperti melalui start menu, melalui keyboard tombol alternatif+F4, dari command prompt, dan cara lainnya.

Ini Cara Mematikan Komputer dari Klik Kanan di Desktop

Namun, pada kesempatan kali ini penulis MUDAH TEKNO akan berbagi sebuah cara unik serta cara paling cepat untuk shutdownkan sebuah pc. Yaitu membuat menu shutdown di klik kanan desktop. Cara atau trik ini berlaku untuk semua versi Windows. Apakah itu Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan Windows 10 dengan versi nya masing-masing.

Jadi, dengan metode ini ketika kita ingin mematikan komputer, kita hanya perlu klik kanan di desktop dan pilih SHUTDOWN. Cara menambah menu shutdown di menu klik kanan desktop tidaklah sulit. Kita hanya perlu mengedit dan menambahkan sebuah perintah baru di Registry Editor yang sudah disediakan Windows sendiri.

Berikut Langkah membuatnya :

1. Hal pertama adalah membuka menu registry editor windows yaitu Start kemudian ketikkan regedit dan kemudian klik atau buka.

Cari Registry Editor


2. Jika menu Registry Editornya telah muncul, maka selanjutnya adalah mencari tempat meletakkan script atau perintah shutdownnya. Yaitu buka HKEY_CLASSES_ROOT > DesktopBackground > Shell.

Cari Folder Shell

3. Jika sudah sampai di folder Shell, kemudian klik kanan folder Shell dan pilih New > Key. Dengan menambahkan folder baru berarti kita akan membuat menu shutdownnya. Anda bisa membuat nama folder baru tersebut seperti SHUTDOWN. 

Menambahkan Key SHUTDOWN


4. Kemudian, setelah folder SHUTDOWN dibuat, selanjutnya klik kanan folder tersebut dan buat key baru lagi dengan nama folder command. Yaitu dengan cara klik kanan dan pilih New > key.

Menambahkan Key command


5. Jika sudah, maka selanjutnya kita akan masukkan perintah shutdown pada folder tersebut yaitu dengan cara membuka atau klik dua kali pada file (Default) yang terletak di sisi kanan. Kemudian masukkan text berikut :

c:\windows\system32\shutdown.exe /s /t 00 /f

Maksud dari text tersebut adalah /s maksudnya shudown, /t maksudnya time, 00 waktu untuk shutdown dalam hitungan detik, dan /f artinya force (memaksa windows mengeluarkan semua aplikasi yang terbuka ketika windows dimatikan).

Memasukkan Perintah Shutdown

7. Jika sudah, maka klik OK atau enter. Kemudian keluarkan Registry Editornya. Dan kita bisa cek atau lihat apakah sudah berhasil atau tidak dengan cara klik kanan pada desktop. Jika menu SHUTDOWN sudah ada, maka selamat kita telah berhasil. Silahkan uji coba dengan shutdown melalui menu tersebut.


Mengganti dan Menambah Pesan Shutdown

Cara diatas juga bisa diubah atau ditambah dengan menu RESTART. Jika untuk mengganti menu shutdown menjadi RESTART anda hanya perlu dengan mengganti script atau perintah yang di buat menjadi c:\windows\system32\shutdown.exe /r /t 00 /f . Atau Anda bisa tambahkan menu keduanya yaitu SHUTDOWN dan RESTART dengan menambah folder baru atau key baru pada registry editor.

Anda juga bisa memodifikasi perintah tersebut, misalnya menambah waktu menjadi 05 yang artinya komputer akan dimatikan 5 detik lagi. Atau kita juga bisa membuat pesan atau komentar sebelum komputer dimatikan, namun kita harus buat waktu untuk membaca pesan singkat itu misal memberi waktu 3 detik dengan menambahkan perintah di akhirnya dengan /c "Selamat Berjumpa Kembali pak Bona" . Jika perintah itu ditambahkan maka susunannya akan seperti ini.

c:\windows\system32\shutdown.exe /r /t 03 /f /c "Selamat Berjumpa Kembali pak Bona"

Demikianlah artikel tentang bagaimana cara membuat menu shutdown di klik kanan desktop biasa atau dengan menggunakan pesan, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. Dan jangan lupa di share ke teman-teman lain melalui tombol share di bawah artikel. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel