Inilah Cara Kurangi Kecanduan Sosial Media

MUDAH TEKNO - Sosial media sudah merupakan hal yang sangat familiar bagi kita saat sekarang ini. Sudah hampir pengguna internet memiliki akun sosial media. Bahkan tak jarang mereka menggunakan lebih dari satu akun dengan berbagai jenis sosial media. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram, Google Plus, Line, BBM (BlackBerry Messenger), dan lainnya.

Kecanduan Sosial Media. Source : Google.com
Penggunaan sosial media dapat membuat user atau pengguna terus menerus membuka akunnya hingga tak jarang menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk sekedar melihat beranda. Atau menghabiskan waktu untuk sekedar chatingan bersama teman, upload poto, update status, stalking orang lain, like status, retweet, komentar, dan hal-hal lain yang membuat kita ketagihan. Dan banyak pengguna sosial media hanya menghabiskan waktu untuk hal-hal yang tidak berguna lainnya.

Hal-hal diatas dapat membuat pengguna sosial media tadi akan merasa cemas akan akun sosial medianya, selalu terbayang akan ada yang sedang memberikan komentar, mengirim pesan, memberikan like, menandai di poto dan hal lainnya yang menjadi pendorong utama seorang user membuka akunnya terus menerus. Bahkan tak jarang sosial media digunakan untuk media membulli seseorang dengan menyebarkan berita-berika kepada yang lain. Hal inilah yang menyebabkan seorang pengguna itu menjadi seperti kecanduan dan ketergantungan.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini blog MUDAH TEKNO akan berbagi sedikit tips bagaimana agar kita tidak selalu ketergantungan atau kecanduan akan akun sosial media kita.

Tips agar dapat mengurangi waktu di sosial media :

1. Menonaktifkan Akun Sosial Media


Dengan menonaktifkan akun sosial media, maka kita akan merasa lebih tenang dan tidak akan merasa cemas lagi akan datangnya pesan, komentar, like, dan hal lainnya yang mendorong kita untuk membuka akun. Namun, terkadang kita merasa sangat berat untuk menonaktifkan akun. Mengapa ? mungkin disebabkan kita baru saja mengirim pesan kepada seseorang dan was was akan ada balasan pesan masuk. Atau hal lainnya. Jadi jika kita lebih tenang dalam menonaktifkan akun, sebelum menonaktifkannya pastikan tidak ada lagi yang akan membuat kita membuka akun, misal dengan tidak mengirim pesan, tidak melakukan komentar, tidak update status, dan lainnya.

2. Melakukan Kegiatan di Dunia Nyata


Ada banyak hal yang dapat kita gunakan di dunia nyata untuk mengurangi kecanduan sosial media. Misal pergi jalan jalan, membersihkan rumah, mengurus kebun, tidur, membaca buku, nongkrong bersama teman, ibadah, mendengarkan musik, dan lainnya.

3.  Hapus Aplikasi Sosial Media di Handphone Anda


Dengan menghapus aplikasi tersebut akan membuat kita merasa malas untuk membuka akun karena harus menginstal kembali aplikasi sosial media tersebut. Sehingga akan mengurangi dorongan untuk membuka akun.

4. Menyusun Jadwal atau Mengatur Waktu


Dengan membuat jadwal atau mengatur waktu sesuai dengan prioritas, maka kita akan dapat mengurangi kecanduan sosial media. Karena dengan mengatur waktu, maka kita akan bisa membuat waktu untuk hal a dan waktu untuk hal b. Misal hari ini untuk cek sosial media 15 menit misalnya.

5. Melakukan Kegiatan Sosial di Dunia Nyata

Banyak hal sosial yang dapat digunakan di dunia nyata, seperti berkumpul bersama teman, bercanda bersama, jalan-jalan bersama, piknik, camping, olahraga, dan kegiatan sosial lainnya akan dapat mengurangi waktu kita hanya untuk membuka sosial media.


Dari ke lima tips di atas, dapat Anda gunakan seluruhnya atau hanya sebagian. Tergantung kebutuhan dan kehidupan Anda. Tentu saja dengan melakukan semua hal di atas akan memiliki pengaruh positif untuk mengurangi kecanduan sosial media.

Semoga dengan beberapa tips di atas dapat membantu kita semua dalam mengatasi ketergantungan akan sosmed (sosial media).

0 komentar

Posting Komentar