Ini Dia Penyebab Kinerja Laptop Lambat dan Cara Mengatasinya

MUDAH TEKNO - Berbagai penyebab-penyebab yang bisa menyebabkan komputer, laptop, ataupun notebook Anda memiliki kinerja yang lambat, loading lama, hang, bahkan Not Responding di Windows 7/8. Sebelum kita membahas bagaimana cara mengatasi laptop yang lemot, perlu kita ketahui sebelumnya apa saja faktor-faktor yang menyebabkan laptop kita menjadi sangat lambat. Berikut di bawah ini Saya paparkan beberapa hal-hal penyebabnya.
Sumber : deekos.com

Beberapa penyebab-penyebab yang mendasar sebagai berikut:
  1. Sistem Registry: Semakin banyak aplikasi atau software yang terinstall dalam sebuah sistem operasi Windows, maka semakin banyak pula registry yang tercipta.
  2. RAM (Random Access Memory) : Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka semakin banyak pula kebutuhan komputer akan Ram dalam melakukan proses software, sehingga kita harus sesuaikan ukuran Ram dengan pekerjaan di komputer atau laptop.
  3. Ruang Harddisk: Ruang hardisk juga sangat berpengaruh terhadap kinerja cepat atau lambatnya sebuah komputer, sehingga komputer membutuhkan ruang untuk melakukan proses software.
  4. Antivirus: Antivirus juga sangat berpengaruh terhadap kinerja laptop. Karena antivirus yang berjalan akan menggunakan Ram, Prosesor, untuk memonitoring sistem komputer untuk melindungi komputer dari serangan virus.
  5. Spyware (virus): Spyware atau virus  adalah program yang berjalan sendiri tanpa sepengetahuan anda, solusi cuma satu hapus spyware tersebut dengan anti spyware yang ter-update.

 

Tips-tips untuk mempercepat kinerja komputer PC dan Laptop.
  1. Spesifikasi Komputer: Spesifikasi komputer merupakan hal penting untuk bisa disesuaikan dengan pekerjaan yang akan kita lakukan. Misal, jika Anda memang lebih banyak menggunakan komputer atau laptop untuk hal-hal sederhana seperti mengetik, mengedit poto yang sederhana, internetan, dan lainnya, maka Anda tidak perlu untuk membeli spesifikasi laptop yang spesifikasinya lebih tinggi, seperti kebutuhan untuk bermain game. Jika Anda lebih banyak menggunakan laptop untuk game, maka spesifikasi anda harus di tingkatkan, terutama ramnya.
  2. Sistem Security: Antivirus memang cukup dibutuhkan dalam sebuah komputer, khususnya yang menggunakan sistem operasi Windows. Namun, perlu diketahui bahwa antivirus juga bisa membuat kinerja menjadi lambat karena dilatarbelakangi program antivirus tergolong berat. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena Indonesia telah memiliki antivirus sendiri, yaitu Smadav. Saya menyarankan agar menggunakan Smadav, karena antivirus ini tergolong ringan, namun juga sangat ampuh, ditambah lagi selalu mengeluarkan versi terbaru.
  3. Software: Seperti penyebab-penyebab diatas, semakin banyak software yang terinstall, semakin banyak pula komputer dalam menggunakan ram sehingga menyebabkan kinerja lambat. Oleh karenanya, hapus/uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu perlu bagi Anda.
  4. Loading Startup: Banyak software yang terinstal mulai bekerja saat komputer mulai berjalan (startup), supaya loading tidak memakan banyak waktu atau lama, matikan saja sistem auto start pada sofwtare tsb. menggunakan CCleaner atau Tun Up Utilities. 
  5. Defrag Harddisk: Pengertian defragmentasi adalah sebuah proses penataan kembali file-file pada hard disk yang bercerai-berai untuk dikumpulkan kembali sehingga mempercepat saat file tersebut dibuka, gunakan software Defraggler yang dapat diunduh secara gratis.
  6. Registry Cleaner: CCleaner adalah software gratis yang membersihkan, mempercepat dan mengoptimalkan kinerja secara luas pada komputer PC atau laptop anda. Tun Up Utilities juga lumayan ampuh dalam mengatasi masalah registry.

Demikianlah artikel mengenai penyebab-penyebab komputer menjadi lambat serta cara mengatasinya. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengatasi laptop yang lambat.


Sumber: Disini

2 komentar:

  1. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    BalasHapus
  2. ok gan,,, terimakasih telah berkunjung :)

    BalasHapus