Cara Mudah Membuka File CSV di Android

MUDAH TEKNO - Pernahkan Anda mendengar kata file CSV. Bagi yang pernah, berarti Anda sudah tahu bagaimana bentuk dari file ini. Namun bagi yang belum pernah tahu apa itu file CSV, berikut pengertiannya berdasarkan Wikipedia.

Separated Values atau CSV adalah suatu format data dalam basis data di mana setiap record dipisahkan dengan tanda koma (,) atau titik koma (;). Selain sederhana, format ini dapat dibuka dengan berbagai text-editor seperti Notepad, Wordpad, bahkan MS Excel.

CSV merupakan singkatan kata dari Comma Separated Values. Secara sederhana dan pada umumnya file CSV adalah suatu file yang berisi data dengan berbentuk tabel-tabel. Biasa digunakan untuk keperluan administrasi dengan jumlah data yang banyak.

Seperti pengertian yang disampaikan oleh Wikipedia tadi, file CSV ini dapat kita buka di Komputer atau laptop dengan menggunakan berbagai aplikasi pengolah data, seperti Microsoft Excel, Wordpad, dan Notepad.

Namun, pada kesempatan kali ini MUDAH TEKNO akan berbagi bagaimana cara membuka dan membaca file berekstensi CSV di handphone smartphone sistem Android. Dibawah ini merupakan langkah atau tutorial sederhana bagaimana cara membuka file CSV dengan mudah. Silahkan di simak.

Cara Gampang Membuka File CSV di Android :


1. Pertama, hp Android Anda sebelumnya harus memiliki aplikasi khusus membuka file CSV. Anda bisa cari di Internet atau Google Play Store. Atau agar lebih mudah, silahkan klik link berikut untuk menuju Google Play Store.

Download CSV Viewer

2. Setelah Anda mendownload dan menginstal aplikasi tersebut, silahkan buka. Disana akan terlihat tempat penyimpanan Android Anda. Kemudian cari direktori atau tempat file CSV yang akan Anda buka. Jika sudah ditemukan, klik atau sentuh filenya. Maka aplikasi akan mulai membukanya. Akan membutuhkan sedikit waktu, tergantung besarnya file.

3. Selamat, aplikasi akan menampilkan data atau file CSV Anda. Anda akan temukan kolom teks dan nomor kolom, untuk menyembunyikan atau menampilkan salah satu bidang tersebut, Anda cukup masuk ke pengaturan aplikasi. Anda bisa memilih untuk mengubah encoding file Anda.



Demikianlahlah tips dan trik bagaimana cara membuka dan membaca file berformat CSV di sistem Android dengan mudah. Aplikasi tersebut juga bisa membuka beberapa file lain yang berekstensi/berjenis .txt, .conf, .htm, .html, .log, .prop, .xml, dan .css. Semoga tips ini berguna dan dapat membantu Anda untuk membuka file CSV di Android.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel