Jaringan Nirkabel Tercepat Dunia 100 Gbps Telah Diciptakan Oleh Jepang

MUDAH TEKNO - Dari berita yang di rilis oleh situs www.telecomasia.net 12 Februari 2016, peneliti Jepang telah menemukan dan menciptakan sebuah transmisi wireless atau nirkabel yang memiliki kecepatan yang fantastis dan luar biasa. Mengapa tidak, kecepatan tanpa kabel yang mereka temukan dan mereka buat memiliki kecepatan hingga 100 Gbps (Giga byte per second). Gila bukan ?. Pemancar ini beroperasi atau bekerja di 275-Ghz hingga 305-Ghz.

Source : wawanplaza.com

Sebuah tim yang terdiri dari berbagai peneliti Hiroshima University, Perusahaan Panasonic, dan Institut Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan pemancar Terahertz mampu melakukan transmisi sinyal pada channel lebih dari sepuluh gigabit per detiknya.

Para peneliti mengatakan pemancar diintegrasikan sebagai CMOS silikon sirkuit terpadu. Teknologi ini bisa membuka jalan untuk komunikasi nirkabel dengan kecepatan data sepuluh kali lebih tinggi dari saat ini diperbolehkan oleh teknologi yang ada.

Band Terahertz adalah sub-milimeter sumber daya frekuensi gelombang saat ini tidak dimanfaatkan untuk komunikasi nirkabel, dan cocok untuk komunikasi kecepatan ultra-tinggi, kata para peneliti.

Selain itu para peneliti telah menunjukkan bahwa teknologi modulasi seperti QAM yang layak pada frekuensi kisaran 300-GHz.

"Sekarang teknologi nirkabel Terahertz dipersenjatai dengan bandwidth yang sangat luas dan QAM-kemampuan. Penggunaan QAM merupakan kunci untuk mencapai 100 gigabit per detik pada 300-GHz, "kata profesor Universitas Hiroshima Minoru Fujishima.

"Hari ini, biasanya kita berbicara tentang data-tarif nirkabel di megabit per detik atau gigabit per detik. Tapi saya meramalkan kami akan segera berbicara tentang terabit per detik ... Aku ingin membawa kecepatan serat optik keluar ke udara, dan kami telah mengambil langkah penting menuju tujuan itu. "

Penelitian ke sirkuit nirkabel 300-GHz sedang berlangsung. Para ilmuwan berencana untuk mengembangkan sirkuit penerima untuk band serta modulasi dan demodulasi sirkuit atau disebut juga dengan modem.

2 komentar:

  1. Beuh ini baru keren. semoga indonesia bisa menirunya bahkan bisa lebih baik ya..


    oiya jangan lupa kunjungan balik ke blog saya http://www.wawanpsirait.com

    BalasHapus
  2. iya.. semoga saja. thanks kunjungannya brohh..

    BalasHapus