Cara Lengkap Maksimalkan Kinerja Komputer Menjadi Lebih Cepat

MUDAH TEKNO - Komputer adalah suatu benda yang bisa dibilang sudah menjadi satu benda wajib bagi sebagian orang. Bagaimana tidak, hampir semua pengolahan data dilakukan melalui komputer atau laptop. Namun, apa jadinya jika laptop atau pc Anda memiliki kinerja yang sangat lambat. Tidak sesuai harapan. Membuat pekerjaan menjadi membosankan karena loading yang lama.


Percepat Kinerja Komputer. Sumber gambar: makeuseof.com
Mungkin banyak pengguna komputer atau laptop yang mengalami komputer dengan kinerja yang lelet, lemot, dan lambat. Khusunya pengguna sistem operasi Windows, baik itu Windows XP, Windows 7 ultimate, Windows 8, Windows 8.1, dan Windows lainnya.

Ada berbagai hal yang bisa menyebabkan sebuah komputer itu lambat. Seperti spesifikasi yang rendah dengan sistem operasi dan pekerjaan yang berat tentu akan memaksa komputer melakukan pekerjaan yang berat, atau bisa juga disebabkan virus, atau hal hal lainnya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini MUDAH TEKNO akan berbagi tips dan trik bagaimana cara mengatasi Laptop atau notebook yang lelet menjadi memiliki kinerja cepat dengan melakukan sedikit modifikasi pada setingan sistem operasi windowsnya. Modifikasi ini dilakukan tanpa menggunakan software atau aplikasi bantuan seperti Tune Up Utilities.

Modifikasi yang akan MUDAH TEKNO bagikan sudah sangat lengkap, dan user bisa gunakan semua atau hanya sebagian saja, tergantung kebutuhan. Dengan modifikasi aturan ini akan dapat mempercepat proses atau kinjerja windows Anda.

Berikut 7 teknik untuk mempercepat kinerja komputer :


1. Mengurangi Waktu Proses Booting


a. Lokasi Booting

Pada pengaturan awal atau default biasanya computer atau laptop akan memeriksa beberapa drive di komputer untuk mencari letak file sistem operasi di BIOS. Tentu dengan mencari file sistem tadi komputer akan memakan waktu. Jadi usahakan letak susunan pada FirstBoot Device laptop pada BIOS. Jika drive DVD ada di paling atas, maka ubahlah menjadi hardisk tempat sistem menjadi teratas, agar laptop tidak memeriksa lagi didrive lain. Caranya Anda tinggal masuk ke BIOS laptop atau PC Anda dengan cara menekan tombol F2/Delete saat komputer baru dinyalakan atau dihidupkan.

b. Kurangi Penggunaan Font

Pada sistem operasi banyak jenis Font atau tulisan yang dapat digunakan sebagai pilihan. Namun, semakin banyak font maka semakin lama pula lah komputer dalam meloadnya. Jadi Anda bisa kurangi beberapa font yang tidak anda gunakan. Yaitu denganca cara masuk ke Control Panel, pilih font, dan buang yang tidak digunakan.

c. Hilangkan Layar Loading

Dengan menghilangkan layar atau gambar loading pada proses booting akan dapat menghemat dan mengurangi waktu booting. Caranya masuk ke pengaturan msconfig pada windows dengan cara Start, ketikkan msconfig, kemudian buka setelah itu masuk ke tab Boot, dan berikan ceklis pada pilihan No GUI boot. Kemudian OK.

2. Disable Indeks Services

Indexing Services merupakan sebuah program kecil namun mengunakan memory atau RAM computer yang lumayan besar. Terkadang dapat menganggu computer menjadi lebih berisik atau berbunyi dalam access harddisk. Fungsi Indexing Services adalah untuk melakukan update daftar file computer, tujuannya untuk mempercepat kinerja PC dengan sistem dari pendaftaran index file. Jika anda tidak memerlukan pencarian file terlalu sering, Indexing Services dapat dimatikan.

3. Optimasi Gaya Tampilan atau Visual Grafis

Tampilan atau gaya Windows 7 bisa di kurangi dengan tujuan untuk mengurangi penggunaan RAM pada komputer. Karena semakin banyak gaya tampilan windows maka semakin berat lah kinerja komputer. Cara menguranginya adalah dengan cara Start, klik kanan My Computer, Properties, Klik Advanced system settings, kamudian pada tab Advanced, silahkan hilangkan tanda ceklis pada bagian yang ingin di matikan, misalnya Animate windows. Atau jika ingin lebih maksimal, anda bisa langsung ceklis pada pilihan Adjust for best performance. Dengan demikian semua akan di disable untuk pemforma atau kinerja maksimal. Kemudian OK dan close.

4. Nonaktifkan atau disable Startup

Pada saat windows pertama kali dihidupkan, maka semua software atau aplikasi yang terinstal akan di load. Maka dengan demikian semakin banyak aplikasi maka semakin banyak pula yang akan di load oleh sistem sehingga akan memakan waktu. Namun, dengan fitur msconfig pada windows, kita bisa nonaktifkan atau matika startup aplikasi mana saja. Dengan demikian kita bisa atur yang mana saja yang akan di epertama kali di buka. Caranya Start, ketik msconfig, masuk ke tab startup, dan silahkan hilngkan tanda ceklis untuk software yang tidak ingin di load. Kemudian OK.

5. Uninstal atau Hapus Program yang tidak berguna.

Mungkin anda memiliki beberapa aplikasi yang terinstal yang sudah tidak berguna atau ketinggalan jaman. Maka anda bisa hapus software tersebut dengan cara Start, Control Panel, Add or Remove Programs. Kemudian silahkan pilih mana aplikasi yang akan anda hapus.

6. Melakukan Disk Cleanup

Fungsi fitur ini pada windows adalah untuk membersihka file-file yang sudah tidak dibutukan sistem lagi. Sehingga kita bisa hapus. Yaitu engan cara Start, ketikkan Disk Clean Up. Kemudian bersihakan file dengan cara klik Delete File. Tunggu hingga 7. selesai kemudian OK.

7. Defragment Hardisk Drive berkala

Fungsu defragment hardisk ini adalah untuk menyusun kembali file-file yang sudah tidak berguna atau file acak. Dengan defragment hardisk secara berkala, misal sekali sebulan secara rutin maka komputer anda akan lancar. Yaitu dengan cara Start, ketikkan Defragment Your hardisk.

Demikian ada 7 langkah lengkap untuk memberikan pemforma dan kinerja komputer menjadi lebih baik dan cepat. Anda bisa gunakan semua teknik untuk hasil yang maksimal atau sesuai kebutuhan Anda. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar. Semoga dapat membantu anda dalam mengatasi masalah komputer lelet.

0 komentar

Posting Komentar